Kutai Barat – Upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) terus dilakukan oleh berbagai pihak, sinergi dari pemerintah dan unsur terkait bahu-membahu memutus penyebaran covid-19. Dinas kesehatan Kutai Barat melalui Puskesmas Jambuk Makmur Kecamatan Bongan bersama Polres Kutai Barat, Kodim 0912 Kutai Barat mendirikan Posko Pencegahan Covid-19 di perbatasan antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Barat. Posko tersebut dimaksudkan sebagai tempat sterilisasi awal kepada setiap orang yang akan masuk wilayah Kutai Barat melalui jalur darat sehingga harapannya masyarakat yang berpotensi membawa virus bisa segera terdeteksi.

Menurut data yang dihimpun di lapangan, Personel yang mengisi pos tersebut merupakan gabungan dari TNI, Polisi, dan Petugas Kesehatan.

Kapolres Kutai Barat AKBP Roy Satya Putra saat meninjau Pos tersebut pada Senin, (06/04/2020) mengungkapkan bahwa sesuai istruksi pemerintah dan hasil rapat maka diputuskan bahwa disetiap pintu masuk suatu wilayah wajib dibuat posko untuk melakukan pengecekan dan sterilisasi kepada setiap orang yang akan melintas.

“Kami lakukan sesuai SOP awal pencegahan dan penanganan covid-19, Polres Kubar bersama rekan-rekan dari jajaran Kodim 0912 menghentikan setiap kendaraan yang akan lewat kemudian petugas kesehatan akan melakukan pengecekan atau screening awal kepada setipa orang yang akan masuk wilayah Kutai Barat”. Ucap Kapolres

Lebih lanjut saat mengecek posko Kapolres juga berpesan kepada anggotanya untuk tetap santun dan mengedapankan cara-cara persuasif dalam meminta masyarakat untuk turun dari kendaraan dan dilakukan pemerikasaan.

“Kepada anggota saya berpesan tetap jaga etika, jaga sopan-santun dalam meminta masyarakat untuk dilakukan pemeriksaan. Lakukan sesuai SOP yang benar, jika ada masyarakat yang bandel beri penjelasan yang kita lakukan adalah untuk kebaikan bersama”. Tegas Kapolres

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *