Kutai Barat – Mengantisipasi masuknya musim kemarau nanti yang identik dengan adanya kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kabupaten Kutai Barat, jajaran TNI-Polri beserta Pemkab Kutai Barat, kamis (30/07/20) menggelar apel pengecekan pasukan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Satgas Karhutla Kutai Barat ini terdiri dari berbagai satuan seperti TNI (Kodim 0912 Kubar), Polri (Polres Kutai Barat), BPBD Kubar, Manggala Agni Pemadam Kebakaran, Satpol PP serta para relawan, tim ini disiagakan diseluruh wilayah Kabupaten Kutai Barat yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Pj. Sekda Kutai Barat Ir.H.Ahmad Sofyan mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan ini tidak tidak mengenal batasan, hal ini menunjukan bahwa penyelesaian karhutla tidak bisa dilakukan secara parsialmasing – masing pihak, namun perlu adanya kerjasamayang baik diantara stakehoulder.

Berdsarkan data BPBD Kabupaten Kutai Barat ada sebanyak 27 titik dengan total 62 HA data perbulan Juli 2020 yang tersebar dibeberapa kecamatan anatara lain baront Tongkok, Tering, Sekolaq Darat, melak, amai, dan Muara Lawa.

Untuk dapat mengantisipasi dan mencegah serta menanggulangi kebakaran hutan lahan tentu membutuhkan koordinasi yang lebih intesif antara stakehoulder lainnya, pungkas Ahmad Sofyan

Ditambahkan oleh Dandim 0912/Kubar Letkol Inf. Anang Sofyan Efendi, pelaksanaan apel gelar pasukan ini dalam rangka kesiapan penanggulangan Kebaran Hutan dan Lahan (Karhutla), ini kita maksudkan untuk pengecekan personil maupun peralatan yang diperlukan didalam penanganan karhutla.

Untuk personil yang dikerahkan yaitu dari Koramil jajaran Kodim 0912 kubar, beserta Polsek jajaran Polres Kutai Barat dan ada juga personil yang standby di Makodim 0912 Kubar dan Mapolres Kutai Barat yang siap digerakan untuk membantu Pemkab Kutai Barat dalam menghadapi bencana alam Karhutla ini. Ujar Dandim 0912 Kubar.

Hadir dalam apel tersebut Waka Polres Kutai Barat Kompol Sukarman juga mengatakan bahwa Polres Kutai Barat siap dalam menangani kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kutai Barat, kami juga sudah menyiapkan personel beserta peralatan untuk menunjak pelaksanaan tugas dilapangan.

Kerjasama yang baik seluruh unsur sangat penting dalam penanganan Karhutla ini, sehingga bencana alam ini dapat kita tangani bersama – sama, tutur Kompol Sukarman.(TA25)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *