Kutai Barat – Akibat dari pandemi covid 19 ini segala hal yang berhubungan dengan pergerakan masyarakat mulai dari kesehatan, perekonomian hingga pendidikan pun jadi terhambat, entah sampai kapan pandemi ini akan berakhir kita semua masih belum tau.

Berlatar belakang dari kejadian yang diakibatkan virus covid 19 ini, ada salah satu kampung yang terletak di wilayah Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat tepatnya Kampung Empakuq, Polres Kutai Barat beserta aparat Kampung dan masyarakatnya bekerjasama mendirikan Kampung Tangguh Nusantara.

Bertempat dibalai Kampung Empakuq, Selasa (04/08/20) Kapolres Kutai Barat AKBP Roy Satya Putra meresmikan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Kampung Empakuq Kecamatan Melak Kabupaten Kutai Barat.

Dengan menggandeng tim kesehatan dari Puskesmas melak, Polres Kutai Barat juga melakukan rapid test kepada masyarakat Kampung pada peresmian Kampung Tangguh Nusantara tersebut

Dijadikan Kampung empakuq ini sebagai Kampung Tangguh Nusantara karena kesiapan yang dimiliki kampung ini sangatlah baik terlihat dari segi upaya masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungannya serta ketahanan pangannya dari semua aspek.

Kapolres Kutai Barat AKB Roy Satya Putra menerangkan dengan adanya penunjukan Kampung Empakuq sebagai Kampung Tangguh Nusantara maka kami akan konsentrasi segala program baik ketahanan pangan kemudian kesehatan masyarakat sehingga masyarakatnya dapat bertahan dan tidak terpapar covid 19.

Ini juga harus memerlukan kepedulian dari aparat kampungnya untuk mengajak masyarakatnya agar selalu peduli terhadap kesehatan masing – masing dan lingkungannya, karena tanpa ada dukungan maka tidak akan terwujud Kampung Empakuq yang terbebas dari virus corona, tutur AKBP Roy Satya Putra.

Ditambahkannya bahwa kita juga akan mencanangkan dan mendorong untuk program – program pemerintah yaitu ketahanan pangan meliputi perkebunan, perikanan, dan peternakan  yang ada di Kampung Empakuq ini,ungkap Kapolres Kubar.

Sementara itu petinggi Kampung Empakuq Bernadus dalam keterangannya mengatakan kami berencana mempersiapkan ketahanan pangan bagi masyarakat Kampung Empakuq dan penguatan perekonomian melalui anggran kampung yang kami anggarkan untuk budidaya perikanan, peternakan, dan perkebunan.

Kami harapkan dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara ini masyarakat terbebas dari covid 19 ini, kami juga akan terus mensosialisasikan kepada warga untuk terus mematuhi anjuran protokol kesehatan yang diberikan pemerintah.Ujar Bernadus

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *