Kutai Barat – Polres Kubar, Rabu 11 November 2020, Ipda Roben Thomas, selaku Kanit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Polres Kubar melaksanakan dialog interaktif di Radio RRI Sendawar. Dalam dialog ini mengangkat tema “Upaya Mencegah Kekerasan Terhadap Anak”.

Mengawali dialog ini, Ipda Roben menjelaskan tentang pengertian dari kekerasan, ia menjelasakan kekerasan adalah setiap perbuatan yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, psikis, sexsual dan atau pelantaran, termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan ataupun pemaksaan.

Kemudian berkaitan tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak, Ipda Roben menjelasakan tentang faktor penyebab utama terjadinya kekerasan terhadap anak dan perempuan diantaranya faktor ekonomi, media sosial, pernikahan usia dini, linkungan serta laki-laki dan perempuan tidak diposisikan setara dalam masyarakat. Dan perempuan dan anak cenderung mengalami kekerasan disebabkan kurangnya kesadaran kaum perempuan akan hak dan kewajibannya, dan juga kurangnya kesadaran masyarakat betapa pentingnya mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Untuk Peran orang tua ini sendiri dalam kekerasan terhadap perempuan dan anak, Ipda Roben mengatakan, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam kasus ini, karena orang tua yang lebih mengetahui dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *