Kutai Barat – Dalmas Polres Kubar Polda Kaltim meningkatkan pelatihan pengendalian massa jelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan dilaksanakan di Wilayah Kab. Kutai Barat.

Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan ketika terjadi aksi unjuk rasa atau terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak.

“Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan, ketika terjadi aksi unjuk rasa ataupun terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak,” kata Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K., Jumat (05/03/2021).

Latihan berlangsung di halaman Mapolres Kubar dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Costa Siahaan, S.H., dan diikuti seluruh anggota Dalmas Sat Sabhara Polres Kubar.

Dijelaskan lebih lajut oleh Kasat Sabhara bahwa pengendalian massa yang disebut Dalmas adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi masa pengunjuk rasa.

Dalmas Awal adalah satuan Dalmas yang tidak dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus Kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa masih tertib dan teratur (situasi hijau).

Dalmas Lanjut adalah satuan Dalmas yang dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa sudah tidak tertib (situasi kuning).

“Selain itu, latihan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan anggota Dalmas Sat Sabhara Polres Kubar dalam menghadapi adanya unjuk rasa dalam skala besar guna mengantisipasi kemungkinan terburuk jelang PIlkades serentak tahun ini,” jelasnya.

“Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan, ketika terjadi aksi unjuk rasa ataupun terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak.” Kata AKP Costa.

Pada latihan, peleton pasukan Dalmas nampak terlihat berlatih dengan penuh semangat dengan perlengkapan tameng dan tongkat T. Keindahan gerakan, ketangkassan dan kekuatan yang dimiliki masing-masing personel menunjukkan bahwa anggota Dalmas Polres Kubar siap mengamankan jalannya Pilkades Serentak di Kab. Kutai Barat.

Menurut Kasat Sabhara bahwa pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan setiap personel dalam melaksanakan pengedalian massa.

“Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Dalmas dalam mengawal keamanan proses demokrasi di desa dengan menjunjung tinggi sikap tegas, profesional dan humanisme,” ujarnya.

“Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan profesional kerja dalam pengamanan, penanganan maupun penindakan terhadap pengunjuk rasa yang dianggap telah melanggar ketertiban maupun menganggu masyarakat lainnya. Latihan ini pun dilakukan secara rutin, agar para anggota siap terjun ketika ada unjuk rasa atau keributan,” pungkasnya.

Humas Polres Kubar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *