Kutai Barat – Auditor Madya III, KOMBES POL Ristiawan Bulkaini, SH., M.Si. melakukan pemeriksaan terhadap senjata api (senpi) milik personil Polres Kubar untuk mencegah terjadinya pelanggaran disiplin.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan, KOMBES POL Ristiawan Bulkaini, SH., M.Si. melakukan pengecekan senjata api (senpi) inventaris di halaman depan aula mako Polres Kutai Barat, Selasa (23/03/2021).

“Pemeriksaan fisik senjata api adalah upaya menangkal pelanggaran disiplin yang bisa saja dilakukan personel Polri, khususnya personel Polres Kubar,” kata KOMBES POL Ristiawan Bulkaini.

Ia mengatakan pemeriksaan senpi ini dilakukan sebagai tindak lanjut beberapa insiden penyalahgunaan senjata api yang terjadi di daerah lain.

“Polres Kubar tidak ingin peristiwa terjadi di wilayah hukum kami, untuk itu pemeriksaan senpi dilakukan secara rutin maupun insidentil, dalam rangka pengawasan penggunaan senjata api atau dinas kepada anggota. Pemeriksaan khususnya terkait kondisi fisik senjata api masing-masing anggota,” jelasnya.

Adapun jumlah senjata yang diperiksa lebih dari 30 senjata api milik personel. Selain pemeriksaan senpi terhadap personel Polres Kutai Barat, juga dilakukan pengecekan Surat Izin Pemegang Senpi (SIPS) anggota masih berlaku atau sudah tidak berlaku.

Ristiawan Bulkaini menjelaskan dari hasil pemeriksaan, secara keseluruhan senpi yang dipegang anggota dalam keadaan bersih dan dilengkapi dengan surat izin pemegang senjata api dan masih berlaku.

“Senjatanya dalam kondisi baik, anggota yang mempunyai surat sebagai bukti sah memegang alat negara tersebut juga mengikuti pemeriksaan kejiwaan. Kegiatan ini dilakukan agar anggota yang pegang senjata tidak menyalahgunakan senjata tersebut saat bertugas,”tegas Ristiawan.

“Personel yang menyalahgunakan senpi, apalagi senpinya tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan keberadaannya akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup KOMBES POL Ristiawan Bulkaini.

Humas Polres Kubar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *