Kutai Barat – Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K., bersama para Perwira dan beberapa personel Polres Kutai Barat mengikuti jalannya upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila ke-76 secara virtual di aula atas Polres Kubar, Selasa (1/6/2021).

Dengan tema Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh, bertindak selaku Inspektur Upacara Presiden RI H. Joko Widodo, Danup Kolonel Inf M Imam Gogor sebagai Asops Danpaspampres.
Upacara Pengibaran Bendera dan peringatan Hari Lahir Pancasila ke 76 Tahun di tengah pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) tetap menjaga protokol kesehatan dengan peserta upacara menjaga jarak dan menggunakan masker.

Presiden RI menyampaikan sebagaimana upacara ini, yang dilakukan dengan cara virtual dan baru, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila hendaknya juga dilakukan dengan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pancasila kini menghadapi tantangan globalisasi. Berbagai kemudahan untuk berinteraksi lintas negara juga bisa digunakan oleh ideologi-ideologi trans-nasional radikal untuk merambah ke seluruh penjuru Indonesia, tanpa mengenal lokasi dan waktu.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif, memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” terangnya.

Jokowi juga menegaskan, walaupun Pancasila sudah menyatu dengan bangsa Indonesia namun tantangan Pancasila ke depan semakin berat. “Ketika konektivitas internet semakin canggih melanda dunia maka interaksi antar dunia juga semakin mudah dan cepat,” pungkasnya.

Oleh karena itu, Presiden menghimbau bahwa untuk menghadapi kondisi tersebut diperlukan cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan indonesia yang maju yang kita cita-citakan,” tutupnya.

Humas Polres Kubar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *