Kutai Barat – Polres Kubar Gelar Apel dan Simulasi dalam rangka Penanggulangan dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan dipimpin langsung oleh Bupati Kutai Barat FX Yapan yang di dampingi oleh Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K, Dandim 0912/KBR yang diwakili Pasi OPS Kapten Inf. Hariyadi dan dihadiri seluruh Forkopimda Kab. Kubar, PJU Kubar, Personil Polres Kubar, TNI Kodim 0912/KBR, Satpol PP, dan seluruh Personil Instansi terkait Kab. Kubar.

Dalam amanatnya Bupati mengatakan, pelaksanaan apel Kesiap Siagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan perlengkapan dalam rangka penanganan Karhutla di wilayah Kab. Kubar, hal ini juga kita lakukan sebagai tindak lanjut dari hasil rapat Koordinasi Nasional/Rakornas Dalkarhutla 2021. Senin(21/06/2021)

“Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K menambahkan Simulasi tersebut dilakukan dengan beberapa skenario sederhana, mulai dari terpantaunya titik api hingga pemadaman. “Kita bisa tahu adanya titik api yang terpantau melalui aplikasi Lembuswana .

Aplikasi Lembuswana adalah Aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem satelit, sehingga sumber api sekecil apa pun akan terbaca pada Handphone Android anggota Polri. Jelas Aplikasi ini akan mempermudah pencegahan Karhutla sebelum api membesar.

Setelah mendapat titik koordinat, langsung kita hubungi Personel terdekat dengan lokasi hotspot, dalam hal ini adalah Bhabinkamtibmas, untuk melakukan pemadaman bersama Babinsa dan Lurah atau Kepala Kampung setempat,” Imbau Kapolres Kubar.

“Bhabinkamtibmas juga dibekali R2 yang telah dimodifikasi khusus untuk menjangkau lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan yang ada. “Apabila api semakin membesar dan tidak dapat dipadamkan oleh Personel pemadam, maka Personil tersbut dengan sigap dengan menggunakan R4 yang telah dimodifikasi untuk membantu melakukan pemadaman”,jelas Kapolres.

“Dengan simulasi tersbut juga diperlengkapi mobil AWC (Air Water Canon) Polres Kubar, serta mobil Damkar BPBD Kubar untuk antisipasi terjadinya Karhutla yang ada di Wilayah Kubar”, demikian penjelasan Kapolres Kubar.[As]

Humas Polres Kubar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *