Kutai Barat – Satlantas Polres Kutai Barat terus berupaya menekan terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas) diwilayah hukumnya, salah satunya dengan melakukan pengecekan kondisi jalan yang rusak dan rambu lalu lintas di titik black spot (Rawan Laka Lantas).

Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K., melalui Kasat Lantas AKP Toni Joko Purnomo, S.H., menuturkan survei jalan ini dalam rangka melihat rekayasa lalu lintas sebagai solusi yang bertujuaan untuk menekan angka kecelakaaan lalu lintas.

“Jika kondisi jalan rusak dan tidak ada rambu lalu lintas tidak segera ditangani maka akan menyebabkan angka kecelakaan lalu lintas, ”ungkapanya, Rabu (11/08/2021).

Kasat Lantas AKP Toni mengatakan, pasca terjadinya hujan lebat beberapa hari lalu yang menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang air, perlu dilakukan pemeriksaan dan pendataan. Jalan-jalan mana saja yang mengalami kerusakan, seperti munculnya lubang yang dapat menyebabkan kecelakaan.

“Jika tidak berhati-hati pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, bisa mengalami kecelakaan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait supaya segera diperbaiki. Penanganan secara cepat, dapat meminimalisasi terjadinya kecelakaan, terlebih saat terjadi curah hujan yang tinggi.

“Selain mendata ruas jalan yang rusak, kami juga memberikan tanda, agar pengendara baik sepeda motor maupun mobil atau truk selalu waspada, sehingga potensi kecelakaan dapat terhindarkan,” tegasnya.

AKP Toni mengimbau kepada para pengendara untuk waspada dan berhati-hati. Pasalnya, ada beberapa titik jalan yang berlubang. Kondisi ini membahayakan pengendara, terutama roda dua. Untuk itu saya sarankan pengendara jangan ngebut apalagi waktu hujan, karena lubang tertutup air dan pandangan terbatas,” pungkasnya.

“Kami akan mengupayakan memasang rambu atau papan pemberitahuan untuk berhati-hati di Jalan berlubang,” tandasnya.

Humas Polres Kubar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *