Kepala Kepolisian Resor Kubar, AKBP Sonny Sirait, S.I.K, M.H mengunjungi Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Mahakam 2022 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Sabtu (30/4/2022).

Turut mendampingi Waka Polres Kompol I Nyoman Wijana, S.Ag, Kabag SDM Kompol Jaya Saritanu, Kabag Ren Kompol Jumali, S.H, Kasat Intelkam AKP Emanuel Teguh Budi S., Kasat Lantas AKP Tony, S.H.

Kunjungan ini untuk mengecek sekaligus memastikan kesiapan pospam dan posyan dalam pengamanan menjelang lebaran.

Beberapa hal yang dicek oleh Kapolres yakni kesiapan dan kelengkapan personel pengamanan, data-data, dan penunjang sarana prasarana Pospam dan Posyan Ops Ketupat Mahakam 2022.

“Hari ini kami melakukan pengecekan seluruh kesiapan Pospam dan Posyan Ketupat Mahakam 2022 yang ada diwilayah hukum Polres Kubar serta memberikan motivasi dan arahan kepada personel yang bertugas,” ucap Kapolres.

Kapolres mengatakan, untuk pengamanan lebaran tahun ini, Polres Kubar telah menyiapkan 5 Pos Pengamanan (Pos Pam), 2 Pos Pelayanan (Pos Yan) dan 4 Pos Terpadu.

“Untuk Pos Pam bertempat di Budaran Mencimai, Polsek Long Panghai, Polsek Jempang, Polsek Silug Ngurai, Polsek Muara Lawa, sedangkan Pos Terpadu kita dirikan di Jalan Poros Trans Kaltim Bentian Besar, Poros Trans Kaltim Bongan, Pelabuhan Tering dan Pelabuhan Long Hubung sedangkan pos pelayanan kami dirikan di Pelabuhan Melak dan Pelabuhan Long Bagun,” tutur Kapolres.

Dalam kunjungan ini, Kapolres juga mengimbau kepada para pemudik untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan covid-19 meski saat ini kasus aktif pandemi sudah menurun. Dengan demikian, katanya, masyarakat bisa melakukan mudik secara aman dan sehat.

“Dan bagi warga yang mudik yang meninggalkan rumah, sebelumnya sudah menginstruksikan ke anggota Bhabinkamtibmas untuk di data dan dilakukan pengamanan serta patroli. Kita sudah membentuk patroli Quick Respon, dimana kita sudah tempatkan personil Pospam dan Posyan, sehingga Patroli Quick Respon tersebut siap digerakkan sewaktu-waktu untuk melakukan patroli ke rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya mudik lebaran,” jelas Kapolres.

Kapolres juga meminta kepada seluruh personel yang bertugas untuk saling menjaga kesehatan, menjaga stamina dan menjaga diri.

“Utamakan kerjasama dan koordiansi dengan instansi terkait, Karena selain mengamankan aktivitas masyarakat, kita juga harus waspada terhadap terjadinya aksi kriminalitas maupun aksi terorisme,” ucap Kapolres. Selesai.

HUMAS POLRES KUBAR

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *