Kubar- Kapolres Kubar AKBP Sonny Sirait, S.I.K., M.H., memimpin apel gabungan kesiapan Pengamanan dalam rangka antisipasi kerawanan perayaan malam takbir Idul Fitri 1443 H dan shalat Ied diwilayah Kab Kubar, Minggu, 01/05/2022.

Apel kesiapan malam takbir di halaman Mapolres Kubar diikuti Seluruh Pejabat Utama Polres, Kapolsek Jajaran, dan sekitar 300 personil gabungan Polsek serta dibantu dari Kodim 0912/KBR dan Dinas Perhubungan serta Pol PP Kab Kubar.

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan, “Pelaksanaan pengamanan idul fitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan pemerintah, melalui inmendagri nomor 22 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 april sampai dengan tanggal 9 mei 2022 serta surat edaran satgas covid-19 nomor 16 tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemic covid-19, yang berlaku efektif mulai tanggal 2 april 2022. Dalam kebijakan pemerintah tersebut telah diatur secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa pandemi sesuai level asesmen di masing-masing wilayah”.

“Strategi penguatan untuk mengendalikan penyebaran covid-19 menjelang, pada saat dan sesudah idul fitri 1443 H/tahun 2022 harus dapat dilaksanakan dengan baik dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut, melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3m, melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan ibadah idul fitri di masjid-masjid maupun di lapangan”. Ucap Kapolres.

“Selain itu, Kapolres juga menegaskan melakukan testing, tracing, dan treatment terhadap kasus yang terkonfirmasi covid-19, melaksanakan — random check swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi di posyan dan pos terpadu, jika langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan baik, saya yakin arus mudik maupun balik dapat berjalan lancar dan laju penyebaran covid-19 dapat terkendali. Oleh karena itu, sinergisitas antar pemangku kepentingan harus solid”.

“Melalui apel ini, dengan sinergitas yang harmonis antara TNI- Polri dan Pemda juga Instansi lainnya serta didukung dengan komponen masyarakat, kita dapat menyatukan langkah dan persepsi guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif”. Tambah Kapolres.

Usai apel, semua anggota akan menempati titik lokasi pengamanan dan melaksanakan patroli keliling memantau situasi kamtibmas pada saat perayaan malam takbir.

HUMAS POLRES KUBAR

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *