Jelang Kedatangan Presiden Jokowi Di IKN, TNI-Polri Gelar Apel Pasukan Pengamanan

Tribratanews.kaltim.polri.go.id
IKN — Menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo ke wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, TNI, Polri, dan Forkopimda Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan pada Selasa (24/09/24). Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Swiss Hotel Nusantara, Kec.Sepaku, Kab.PPU.

Apel gabungan ini dipimpin oleh Kapolres PPU AKBP Supriyanto, S.I.K., M.Si, bersama unsur pimpinan TNI dan Forkopimda PPU, serta diikuti ratusan personel gabungan yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan elemen masyarakat. Mereka berperan penting dalam pengamanan kunjungan Presiden di wilayah strategis IKN Nusantara.

Dalam arahannya, Kapolres PPU AKBP Supriyanto menekankan pentingnya sinergi dan kesiapan semua pihak. “Kunjungan Presiden ke wilayah IKN Nusantara adalah agenda nasional yang sangat penting. Oleh karena itu, pengamanan harus dilakukan maksimal dengan koordinasi yang baik. Semua personel harus siaga dan siap menghadapi segala situasi,” ujar Kapolres.

Lapangan Swiss Hotel Nusantara dipilih sebagai lokasi apel karena letaknya yang strategis di pusat pengembangan IKN. Pengamanan akan difokuskan pada jalur yang akan dilalui Presiden, lokasi pertemuan, dan area-area strategis lainnya. AKBP Supriyanto mengingatkan bahwa potensi gangguan keamanan harus diantisipasi dengan kewaspadaan penuh.

Pihak TNI yang hadir menyatakan komitmennya dalam mendukung kelancaran kunjungan Presiden. Sinergi antara TNI, Polri, dan Forkopimda sangat penting dalam menjaga keamanan pada saat kegiatan berlangsung.

Forkopimda PPU juga mengapresiasi kesiapan pasukan gabungan, menyatakan bahwa soliditas dan koordinasi antarinstansi akan memastikan pengamanan yang optimal. Kunjungan Presiden ini menjadi momen penting bagi percepatan pembangunan IKN, sehingga pengamanan dilakukan tidak hanya untuk menjaga keamanan fisik, tetapi juga memberikan rasa aman bagi masyarakat dan tamu negara.

Apel ini ditutup dengan pemeriksaan personel dan perlengkapan yang akan digunakan dalam pengamanan. Kapolres PPU mengimbau masyarakat untuk turut menjaga ketertiban selama kunjungan berlangsung di IKN Nusantara.

Humas Polda Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *