Kapolda Kaltim Ikuti Pengarahan TNI-Polri Oleh Presiden Joko Widodo

IKN — Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si., mengikuti pengarahan langsung oleh Presiden Jokowi Widodo kepada Jajaran Pejabat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) se-Indonesia yang bertempat di Gedung Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (12/09/24).

Pengarahan ini juga dihadiri langsung Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., , Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si., sejumlah Menteri Kabinet RI, dan seluruh pejabat TNI-Polri se-Indonesia dengan memberikan arahan mengenai pentingnya peran strategis dari TNI-Polri dalam mengawal visi besar Indonesia yang Sentris.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengutarakan agar TNI dan Polri dapat membawa semangat transformasi yang ada di IKN untuk dikembangkan di wilayah masing-masing.

“Saya ingin Saudara-saudara semuanya melihat IKN, melihat progres kota masa depan itu seperti apa, melihat semangat transformasi itu seperti apa. Agar apa? Agar semangat transformasi yang ada itu bisa Bapak-Ibu bawa pulang ke daerah, ke wilayah untuk dikembangkan di daerah masing-masing,’’ ucap Presiden.

Lanjutnya, Presiden menegaskan bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) bukan hanya memindahkan gedung, istana, ataupun lokasi kerja, melainkan bertujuan untuk mengubah pola pikir, pola kerja, serta budaya kerja, sehingga akan tercipta efisiensi, kecepatan, dan penyederhanaan kebijakan.

“Bukan hanya Jawa sentris, tapi Indonesia sentris. Kemudian juga mewujudkan Indonesia Emas di 2045. Dua puluh tahun yang akan datang target kita, kita sudah mencapai GDP per kapita USD 23 ribu. Untuk apa mewujudkan Indonesia Emas 2045? Untuk kemajuan dan kemakmuran bangsa,” tegasnya.

Presiden menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan keberanian dalam mengambil keputusan-keputusan besar dengan segala risiko dan tantangan-tantangan yang ada. Untuk itu, ia mengimbau para pimpinan TNI dan Polri dapat menjalankan kepemimpinannya dengan baik sesuai wilayah kewenangan masing-masing.

“Bapak-Ibu sebagai pemimpin sesuai dengan tugas dan wewenangnya, sesuai dengan jenjang kepemimpinan di TNI dan Polri dalam lingkup baik kabupaten, kota, provinsi maupun nasional, ya harus berani memutuskan, berani mengambil langkah, baik langkah kecil, langkah besar, maupun langkah sedang,” tutur Presiden Jokowi.

“Semangat ini yang saya harapkan bisa Saudara-saudara bawa sekembalinya dari IKN Nusantara. Semangat memperbaiki tata kelola, semangat memperbaiki manajemen birokrasi, baik yang ada di TNI maupun yang ada di Polri, agar TNI dan Polri semakin profesional,” tutupnya.

Humas Polda Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *