Kapospol Nyuatan AIPTU Puryani Laksanakan Sosialisasi Karhutlah

Damai – Selasa, 24 September 2024, AIPTU Puryani, selaku Kapospol Nyuatan, mengadakan sosialisasi mengenai pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Jontai, Kecamatan Nyuatan. Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Burhanudin selaku Petinggi Kampung Jontai, Burhan selaku Petinggi Kampung Dempar, Lintasius selaku Ketua BPK Jontai, anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), serta warga Kampung Jontai.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya karhutla, serta memberikan pemahaman mengenai upaya-upaya pencegahan yang dapat dilakukan bersama oleh seluruh elemen masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari langkah proaktif pihak kepolisian dan pemerintah setempat dalam mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Kapolsek Damai, IPDA Hariyo Jipang Panolan, S.H., memberikan apresiasi tinggi terhadap sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). IPDA Hariyo menyatakan bahwa langkah tersebut merupakan kegiatan yang sangat baik dalam upaya mencegah dan menanggulangi potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah rawan.

Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla, tetapi juga memperkuat sinergi antara kepolisian, pemerintah desa, dan masyarakat setempat, khususnya melalui peran aktif Masyarakat Peduli Api (MPA). Kapolsek Damai juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendukung program-program pencegahan karhutla seperti ini, karena tindakan pencegahan jauh lebih efektif dibandingkan dengan penanggulangan setelah kebakaran terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *