Polda Kaltim Ikuti Launching Digitalisasi Perizinan Event Secara Virtual

BALIKPAPAN — Polda Kalimantan Timur Ikuti Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perijinan Penyelenggaraan Event Secara Virtual bertempat di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Senin (24/06/24).

Acara tersebut dihadiri Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si., didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Kaltim, serta para Forkompimda Prov. Kaltim.

Melalui Zoom Meeting, Acara yang berlangsung di Gedung The Tribrata Kebayoran Baru, Jakarta yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Menko Maritim & Investasi RI Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., serta para Menteri-Menteri terkait lainnya.

Kapolri dalam sambutannya menyampaikan bahwa digitalisasi ini bertujuan untuk memudahkan para penyelenggara event serta memastikan proses perizinan tidak lagi rumit dan membingungkan. Penyelenggaraan event hanya perlu mengisi formulir pengajuan dan melengkapi dokumen persyaratan secara online. Setelah itu, instansi terkait mulai dari pengelola venue Dinas Parekraf dan satuan-satuan polisi terkait akan langsung memproses perizinan dalam waktu paling lama 14 hari kerja.

Kapolri menambahkan, layanan digital perizinan event telah diberlakukan di 7 venue bergengsi di DKI Jakarta dan Banten. Tempat-tempat tersebut antara lain GBK Expo Kemayoran, Balai Sidang JCC, Beach City Internasional Stadium, Ancol, Jakarta Internasional Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Ice BSD, Community Park PIK 2.

“Ke depan Polri juga siap menerapkan persiapan online di kota-kota besar lain di Indonesia seperti Medan, Bogor, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Denpasar Surabaya, dan juga provinsi-provinsi yang lain”, pungkas Kapolri.

Dalam hal ini, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa event internasional mampu menyerap tenaga kerja, melibatkan UMKM, mempromosikan negara, dan memberikan banyak keuntungan. Presiden menegaskan bahwa perijinan tidak boleh lagi rumit dan lambat, tetapi harus cepat dan terpadu.

“Dengan diluncurkannya Aplikasi Pelayanan Perijinan Penyelenggaraan Event ini, diharapkan Indonesia dapat semakin efisien dalam proses perijinan, mendukung kemajuan industri kreatif, dan menarik lebih banyak event berskala internasional”, ucap Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi didampingi Kapolri, Menko Marves, dan para Menteri-Menteri terkait secara simbolis bersama-sama menekan tombol sirine sebagai tanda secara resmi Aplikasi Digitalisasi Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Event diluncurkan.

Humas Polda Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *