Stop Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Tim Gabungan Polres Kubar Dan Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan

Kubar, Kalimantan Timur – Tim gabungan dari Polres Kubar bersama Muspika Kab. Kubar dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kubar, melakukan pengecekan langsung kesehatan hewan ternak sapi dari penularan penyakit mulut dan kuku (PMK), di Peternakan Sapi Kampung Ligang Amer, Kec. Ligang Bigung, Kab. Kubar, Senin (30/5/2022).

Kapolres Kutai Barat AKBP Sonny Sirait, S.I.K, M.H, yang diwakilkan Kasat Intelkam AKP Emanuel Teguh Budi Santoso mengatakan, dalam pengecekan tersebut petugas melakukan pengawasan dan himbauan kepada pedagang hewan ternak, sekaligus melakukan aksi penyemprotan disinfektan pada sarana angkut hewan.

“Angkutan yang biasanya digunakan untuk mengantar hewan kepada pembelinya ini juga bisa menjadi transmisi penyebaran PMK, sehingga perlu dilakukan penyemprotan disinfektan guna meminimalisir penyebaran penyakit,” kata Kasat Intelkam.

Lebih lanjut kata Kasat Intelkam petugas juga melakukan pendataan dan screening terhadap hewan, serta mencek secara kasat mata tanda klinis ternak.

Pengecekan ini untuk mengetahui kondisi sapi dan kambing, sekaligus mencegah meluasnya penularan PMK, serta pengawasan ternak dari transmisi luar wilayah.

“Monitoring ini guna mencegah meluasnya dampak PMK dan tidak menimbulkan kepanikan serta kerugian ekonomi masyarakat luas, sementara ini belum ditemukan gejala klinis PMK ternak di Kab. Kubar.” Pungkasnya. Selesai.

HUMAS POLRES KUBAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *